Optimasi Fungsi Unit Bisnis Madu Tawon Alas Lereng Semeru Melalui Penguatan Partisipatif dan Kolaboratif Petani dan Lembaga Lokal Desa Wringinanom Poncokusumo

Mohammad Zakariyyah, Nurul Humaidah, Ina Dwi Istiqomah

Abstract


ABSTRAK Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan mengoptimalkan unit bisnis madu tawon alas Lereng Semeru melalui penguatan partisipasif dan kolaboratif petani dan lembaga lokal Desa Wringinanom Poncokusumo Kabupaten Malang. Program pengabdian dilakukan pada bulan Juli sampai September 2021. Metode program pengabdian adalah partisipatif dan kolaboratif. Tahapan kegiatan ini yaitu peningkatan kontinuitas produksi madu tawon alas, peningkatan kapasitas unit bisnis madu tawon alas dan penyiapan unit bisnis madu tawon alas sebagai embrio BUMDES. Hasil pengabdian ini adalah produksi madu tawon alas meningkat 1,5 kg/stup/siklus produksi, aktivitas di unit bisnis 2-3 produksi/minggu, unit bisnis madu tawon alas sudah establish dengan tempat, struktur organisasi dan sistem kinerja yang tersandar, kelompok petani madu berkembang di dua dusun yaitu Dusun Simpar dan Kunci selain di Dusun Besuki sebagai tempat unit bisnis. Kerjasama mitra bisnis dan pemasaran dengan P2KIB Unisma dan PT Kembang Joyo sudah terealisasi , partisipasi masyarakat maupun lembaga masyarakat lokal lain seperti PKK, BPD dan Karang taruna meningkat dalam membantu pemasaran madu di unit bisnis madu tawon alas. Kesimpulan adalah optimasi unit bisnis madu tawon alas Lereng Semeru berjalan dengan baik karena terjadi sinergitas koordinasi unit bisnis dan lembaga lokal desa sehingga siap menjadi embrio bagian BUMDES dan tulang punggung sarana pemberdayaan masyarakat Desa Wringinanom Poncokusumo Kabupaten Malang.

Keywords


Alas; Bisnis; Madu; Optimasi; Petani; Tawon; Unit

Full Text:

PDF

References


Hilmanto, R. (2010). Manajemen Penangkaran Lebah Madu (Apis cerana Fabr.) di Desa Buana Sakti Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Sylva Lestari, 1(1), 23-28.

Saepudin, R,. Muhammad, F.A., & Abdullah, L. (2011). Peningkatan Produktivitas Lebah Madu Melalui Penerapan Sistem Integrasi dengan Kebun Kopi. Jurnal Sain Peternakan, 6(2), 115-124.

Situmorang, R. O. P. dan A. H. (2014). Budidaya Lebah Madu. DIPA Balai Penelitian Kehutanan Aek Nauli.

Said, D.O. (2017). Sistem Produksi dan Curahan Waktu Pembudidayaan Lebah Madu (Apis cerana) di Kabupaten Lombok Utara. Fakultas Peternakan, Universitas Nahdlatun Wathan 8 Mataram, GaneÇ Swara, 11(2).

Wulandari, D. D. (2017). Kualitas Madu (Keasaman, Kadar Air, dan Kadar Gula Pereduksi) Berdasarkan Perbedaan Suhu Penyimpanan. Jurnal Kimia Riset 2017, 2(1), 16-22.

Taha, E.K., and S. N. A. (2013). Relationship between Population Size and Production of Honey Bee colonies. J. of Enthomology. 10(3), 163–169.

Nurman, N. (2015). Budidaya Lebah Madu Trigona sp. http://sarangtrigona.blogspot.co.id/2015/11/budidaya-lebah-madu-trigona-sp.html

Surata, I. . (2017). Budidaya Lebah Madu Kele-Kele (Trigona spp.). Buku saku /Buku Pedoman.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jtridharma.2021.001.02.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 TRI DHARMA MANDIRI: Diseminasi dan Hilirisasi Riset kepada Masyarakat (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)