Pengenalan Media Pembelajaran Kreatif bagi Siswa Sekolah Dasar untuk Menunjang Pariwisata Lombok Utara

Kukuh Rizki Satriaji, Imam Santosa, Achmad Syarief, Andriyanto Wibisono

Abstract


Pendidikan dasar merupakan salah satu hal penting yang berperan besar dalam proses perkembangan karakter dan perilaku seseorang. Sekolah merupakan sebuah lingkungan belajar yang dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran berbasis kreatif diharapkan memiliki fleksibilitas yang mampu mengakomodir perkembangan skenario pembelajaran di dalam kelas. Perbaikan di bidang pendidikan sesuai dengan tujuan Sustainable Development Goals yang telah dicanangkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa pada poin keempat, yaitu pendidikan yang berkualitas. Beragamnya kondisi fisik bangunan dan lingkungan alam sekitar sekolah di Indonesia dapat dijadikan potensi yang bermanfaat untuk menunjang pariwisata setempat. Salah satunya adalah Pulau Lombok yang sudah dikenal sebagai kawasan ekowisata dengan kondisi alamnya yang sangat kaya mulai dari gunung, hutan, hingga pantai. Salah satu Sekolah Dasar di Lombok yang berlokasi di dekat kawasan wisata adalah SD Filial Semokan Ruak, Bayan Utara, Lombok yang berdekatan dengan Kawasan Gunung Rinjani. Hal ini yang menjadi latar belakang pentingnya konteks pariwisata dikenalkan kepada siswa sejak dini melalui aktivitas-aktivitas kreatif yang mengacu pada dimensi Standar Kompetensi Lulusan Sekolah Dasar. Tujuan dari kegiatan ini adalah mencari bentuk pembelajaran yang dapat mengenalkan materi dalam konteks pariwisata sehingga dapat digunakan oleh para guru dan siswa. Kegiatan dilaksanakan dengan metode pendekatan partisipatif melalui lokakarya dan diskusi bersama dengan para siswa SD dan guru di mana para siswa diajak untuk melakukan kegiatan seperti menggambar, bercerita sambil mengikuti gerakan, serta mengenal potensi alam di sekitar sekolah mereka yang dapat menunjang pengetahuan yang berkaitan dengan pariwisata di Lombok Utara. Hasil utama dari kegiatan ini berupa media aktivitas pembelajaran kreatif.


Keywords


Kreativitas; Lingkungan Belajar; Lombok Utara; Media Pembelajaran; Pariwisata; Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, L. K. (2017). Kajian Penerapan Ergonomi dalam Perancangan Bangunan Sekolah Dasar, Studi Kasus SDN Bubutan IV Surabaya. Jurnal Desain Interior, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.12962/j12345678.v2i1.2378.

Ardipal, A. (2015). Model Pengembangan Karakter Melalui Pendidikan Seni di Sekolah Dasar. Humanus, 14(1), 17–23. https://doi.org/10.24036/jh.v14i1.5397.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (2017). Ringkasan Metadata Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Indikator Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia. http://sdgs.bappenas.go.id/wp-content/uploads/2017/09/Buku_Ringkasan_Metadata_Indikator_TPB.pdf (Diakses pada tanggal 12 November 2022).

Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar). (2015). Pengertian Ekowisata–Dinas Pariwisata Provinsi NTB. http://www.disbudpar.ntbprov.go.id/pengertian-ekowisata/ (Diakses pada tanggal 12 November 2022).

Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar). (2022). Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat | Deswita Lombok Barat Menuju 100 Besar ADWI 2022. https://dispar.lombokbaratkab.go.id/article/deswita-lombok-barat-menuju-100-besar-adwi-2022 (Diakses pada tanggal 12 November 2022).

Hartini, H., & Lestarini, Y. (2019). Pemetaan Padang Lamun Sebagai Penunjang Ekowisata di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Biologi Tropis, 19(1), 1–7. https://doi.org/10.29303/jbt.v19i1.927.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2022). Data Rombel Kec. Bayan–Dapodikdasmen. https://dapo.kemdikbud.go.id/rombel/3/230803 (Diakses tanggal 12 November 2022).

Mubarak, R. (2016). Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Madrasah, 6(2), 25–48. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3295.

Murianto, & Masyhudi, L. (2018). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat Lokal di Teluk Seriwe Lombok Timur. Media Bina Ilmiah, 13(2), 913–924.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). (2016). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud. Hlm. 1–8.

Purwana, B. H. S. (2018). Potensi Ekowisata Berbasis Budaya Masyarakat (Social Cultural Based Tourism Potency in Senaru Village , North Lombok Regency). Jurnal Kebudayaan, 13(2), 91–106.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 100–111. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501.

Sakti, B. P. (2017). Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Magistra Unwidha Klaten, 30(101), 1–10. https://doi.org/10.31227/osf.io/pucw9.

Satriaji, K. R., Danurdoro, D. H., Sakya, K. A., & Alfin, E. (2020). Desain Meja Belajar Portabel Bagi Siswa Sekolah Dasar di Fasilitas Pengungsian Bencana (Studi Kasus Gempa Bumi Lombok 2018). Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 11(1), 83–84.

Setiati, L., Sunarto, P., & Setiawan, P. (2013). Komunikasi Gambar Bercerita pada Buku Belajar Baca Anak Taman Kanak-Kanak. Journal of Visual Art and Design, 5(1), 35–53.

Sugiyanto. (2011). Karakteristik Anak Usia SD. https://docplayer.info/39244826-Karakteristik-anak-usia-sd-oleh-sugiyanto.html (Diakses tanggal 11 November 2022).

Suharli. (2015). Teori Belajar dan Model Penerapannya Dalam Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/326138752_TEORI_BELAJAR_DAN_MODEL_PENERAPANNYA_DALAM_PEMBELAJARAN (Diakses tanggal 12 November 2022).

Triharini, M., Larasati, D., & Susanto, R. (2014). Pendekatan One Village One Product (OVOP) untuk Mengembangkan Potensi Kerajinan Daerah Studi Kasus: Kerajinan Gerabah di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. ITB Journal of Visual Art and Design, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2014.6.1.4.

Yuliatin, U. (2017). Kreativitas dalam Kegiatan Menggambar Bebas pada Anak Kelompok Usia 4–5 Tahun. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember, Jember.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jtridharma.2022.002.02.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 TRI DHARMA MANDIRI: Diseminasi dan Hilirisasi Riset kepada Masyarakat (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)