Sosialisasi Pemanfaatan Susu Kambing di SD Islam As-Salam Malang

Fatchiyah Fatchiyah, Titin Andri Wihastuti, Nurdiana Nurdiana, Rista Nikmatu Rohmah, Lidwina Faraline Triprisila, Antonius Christianto, Akbar Farid Hasibuan

Abstract


Sebagian besar masyarakat masih belum mengetahui manfaat yang terkandung pada susu kambing, masyarakat masih menganggap bahwa susu sapi merupakan satu-satunya sumber nutrisi hewani yang memiliki kandungan protein, gizi, dan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi tentang pemanfaatan susu kambing karena kurangnya pengetahuan masyarakat sehingga menyebabkan rendahnya daya beli masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin rintisan kerjasama dengan sekolah sebagai salah satu tempat pemasaran produk susu kambing serta orang tua siswa-siswi dalam meningkatkan daya konsumen masyarakat terhadap susu kambing dan memberikan informasi yang berlandaskan data ilmiah tentang manfaat susu kambing. Sosialisasi dilaksanakan melalui pemaparan pemateri tentang manfaat dan pentingnya mengonsumsi susu kambing dalam kehidupan sehari-hari serta pemanfaatan susu kambing menjadi produk nutrisi sehat (susu kambing pasteurisasi). Hasil dari kegiatan sosialisasi adalah para guru dan siswa-siswi bertambah pengetahuannya tentang pentingnya mengonsumsi susu kambing sebagai pangan sehat bernutrisi dan antusias dalam membuat produk-produk sehat berbahan dasar susu kambing.

Keywords


Guru; Siswa; Susu Kambing; Sosialisasi; Tinggi Protein

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jtridharma.2021.001.01.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 TRI DHARMA MANDIRI: Diseminasi dan Hilirisasi Riset kepada Masyarakat (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)