Optimalisasi Produk Olahan dan Strategi Pemasaran Ikan Lele di Kawasan Wisata Edukasi Kampung Lele, Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kediri

Irma Sarita Rahmawati

Abstract


Kawasan wisata edukasi kampung lele yang terletak di Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu usaha yang memiliki potensi besar khususnya dalam budidaya ikan lele. Untuk meningkatkan nilai ekonominya, ikan lele dapat dibuat menjadi produk olahan sehingga memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan mentah. Perlu dilakukan optimalisasi pada diversifikasi produk olahan ikan lele seperti abon, nugget, dan kerupuk. Selain itu, strategi pemasaran juga perlu dikembangkan untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ke kampung lele ini. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendampingi mitra pengabdian kepada masyarakat dalam pengolahan produk ikan lele serta pemahaman strategi pemasaran yang baik dan terstruktur. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan demonstrasi alat. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan pre-test dan post-test serta penilaian kepuasan peserta terhadap pelatihan. Hasil yang diperoleh adalah terdapat peningkatan pengetahuan peserta sebesar 4,20% dan respons positif terhadap pelaksanaan pelatihan sehingga mampu bermanfaat bagi mitra pengabdian. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat mampu meningkatkan keberdayaan mitra terutama dalam pengetahuan dan keterampilan mengenai strategi pemasaran dan diversifikasi pangan olahan.


Keywords


Diversifikasi; Ikan Lele; Pengabdian kepada Masyarakat; Produk Olahan; Strategi Pemasaran.

Full Text:

PDF

References


Alinsari, N. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan Sederhana. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 256–268. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p256-268.

Amar, M. I., Martana, B., Rizal, R., & Hidayati, A. N. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat tentang Pengolahan Hasil Budidaya Ikan Lele Melalui Diversifikasi pada Olahan Ikan Lele. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), 1340–1348. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7204.

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera (Satu Nusa). Hlm. 53–64.

Ardiyansyah, J., Budiwati, H., & Darmawan, K. (2021). Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Lele di Kampung Lele Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 3(4), 282–285.

Azis, A., Safitri, E., Irnawati, & Suparmin. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ketahanan Pangan Melalui Pengolahan Abon Dari Ikan Nila di Desa Pringgarata Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Warta Desa, 1(1), 75–79. https://doi.org/10.29303/JWD.V1I1.18.

Chusna, A. (2019). Produksi Ikan Lele di Kediri Melimpah. https://www.antaranews.com/berita/812434/produksi-ikan-lele-di-kediri-melimpah (Diakses pada tanggal 17 Juli 2023).

Dwiyanto, B. S., & Jemadi, J. (2014). Wirausaha Kelompok Usaha Budidaya Pembesaran Lele. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 4(1), 4–21. https://doi.org/10.30588/jmp.v4i1.92.

Erstiawan, M. S., Candraningrat, & Wibowo, J. (2021). Efektivitas Strategi Pemasaran Dan Manajemen Keuangan Pada UMKM Roti. DIKEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 105–110.

Muniroh, A., & Amin, M. N. (2020). Perempuan Dan Sekolah Lapang Hasil Laut: Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Mandiri pada Komunitas Buruh Migran di Dusun Druju Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Engagement: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 116–137. https://doi.org/10.52166/ENGAGEMENT.V4I1.174.

Muntasir, M., Weraman, P., Sahdan, M., A., S. P., & Iryani, N. A. (2020). Pemenuhan Nutrisi dan Alternatif Penghasilan Melalui Produk Olahan Ikan Bagi Masyarakat Penangkap Ikan Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. JATI EMAS: Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 91–98. https://doi.org/10.36339/je.v4i2.316.

Prawoto, E., Susilawati, H., & Faqih, N. (2018). Strategi Inovasi Produk Olahan dan Manajemen Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Jual Lele (UKM Peternak Lele di Desa Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo). Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(1), 123–127. https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i1.456.

Raharjo, S. J., & Wijayanti, E. D. (2021). Edukasi dan Pendampingan Pengelola Sayur Organik Baron Agro Lesanpuro Kota Malang. Tri Dharma Mandiri, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.21776/ub.jtridharma.2021.001.01.17.

Rosi, F. (2019). Melimpah, Lele Kediri Dikirim ke Luar Kota. https://www.jatimpos.id/kabar/melimpah-lele-kediri-dikirim-ke-luar-kota-b1XcQ9ba2 (Diakses pada tanggal 17 Juli 2023).

Sundari, R. S., Setia, D., & Mulyadi, A. (2018). Aplikasi Adopsi Inovasi Teknologi Mesin Peniris Minyak untuk Agroindustri Rumahan Abon Ikan. Prosiding Sembadha, 1(1), 46–49.

Windriani, U. (2017). Buku Saku Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok. Jakarta: Direktorat Produksi dan Usaha Budidaya Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Hlm. 1–38.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jtridharma.2023.003.02.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 TRI DHARMA MANDIRI: Diseminasi dan Hilirisasi Riset kepada Masyarakat (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)