Pelatihan Formulasi Minuman Kekinian Berbahan Tanaman Obat pada Kelompok Asuhan Mandiri Tanaman Obat Kota Malang

Anggraeni In Oktavia

Abstract


Kelompok asuhan mandiri tanaman toga Kota Malang (ASMAN TOGA Kota Malang) telah mendedikasikan diri dalam pelestarian tanaman obat karena sadar akan khasiat tanaman obat untuk kesehatan. Tanaman obat ini diolah secara sederhana untuk pemenuhan kebutuhan kesehatan mereka dan untuk kegiatan acara kelompok. Tanaman obat yang diolah secara tradisional kadang meninggalkan rasa yang kurang menyenangkan sehingga kurang disukai oleh kaum muda dan kurang memiliki nilai jual. Pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan baru kepada kelompok ASMAN TOGA Kota Malang tentang formulasi minuman dengan bahan tanaman obat yang diolah menjadi minuman kekinian yang disukai oleh kaum muda; melatih kemampuan fotografi produk, dan peningkatan pendapatan masyarakat dengan pelatihan pemasaran produk di sosial media. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah kaji tindak dengan tahap perencanaan, observasi, diskusi, pelaksanaan kegiatan, dan penyusunan laporan. Pelatihan ini memberikan 10 formula jamu kekinian, praktik fotografi menggunakan telepon seluler, dan praktik pemasaran melalui sosial media. Kegiatan pelatihan formulasi minuman kekinian berbahan tanaman obat pada kelompok ASMAN TOGA Kota Malang memberikan manfaat dalam pengetahuan dan keterampilan untuk mengolah, mengembangkan, dan mengomersialkan tanaman obat menjadi minuman jamu kekinian yang diminati oleh semua kalangan.


Keywords


Jamu; Tanaman Obat; Formulasi.

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. F., Fitriana, A. D., Amatullah L. H., Jannah S. N., Purwantisari S. (2022). Manufacture of Coffee Masks as a Featured Product in Indrokilo Hamlet, Lerep Village, Ungaran Barat District, Semarang Regency. Tri Dharma Mandiri, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.21776/ub.jtridharma.2022.002.01.1.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan. (2021). “Sosialisasi Asuhan Mandiri (ASMAN) Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresure.” https://dinkes.pasuruankab.go.id/berita-sosialisasi-asuhan-mandiri--asman-pemanfaatan-taman-obat-keluarga--toga--dan-akupresur.html (Diakses pada tanggal 16 Januari 2023).

Fauzi, S., & Lina F. L. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review dan Online Customer Rating pada Minat Beli Konsumen di e-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21–29. //doi.org/http://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.151-156.

Akbar, M. F., Fitriana, A. D., Amatullah L. H., Jannah S. N., Purwantisari S. (2022). Manufacture of Coffee Masks as a Featured Product in Indrokilo Hamlet, Lerep Village, Ungaran Barat District, Semarang Regency. Tri Dharma Mandiri, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.21776/ub.jtridharma.2022.002.01.1.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan. (2021). “Sosialisasi Asuhan Mandiri (ASMAN) Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresure.” https://dinkes.pasuruankab.go.id/berita-sosialisasi-asuhan-mandiri--asman-pemanfaatan-taman-obat-keluarga--toga--dan-akupresur.html (Diakses pada tanggal 16 Januari 2023).

Fauzi, S., & Lina F. L. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review dan Online Customer Rating pada Minat Beli Konsumen di e-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21–29. //doi.org/http://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.151-156.

Harwati, T. C. H. (2009). Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Jurnal Inovasi Pertanian, 8(1), 54–61.

Mahendra, Y. I., & Pradoto W. (2016). Transformasi Spasial di Kawasan Peri Urban Kota Malang. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 12(1), 112–126. //doi.org/http: //doi: /10.14710/pwk.v12i1.11462.

Nining, P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Penganekaragaman Pengolahan Pangan Berbasis Tanaman Serai (Cymbopogon citratus) sebagai Produk Inovasi Pangan Herbal di Desa Poka Kecamatan Teluk Ambon. Pattimura Mengabdi, 1(1), 9–25.

Setiawan, I. M., Sukanteri N. P., Suryana I. M, & Suparyana P. K. (2019). Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media terhadap Penjualan Produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) Ayu Tangkas di Desa Megati. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 8(2), 227–234. //doi.org/http: //doi: 10.23887/jish-undiksha.v8i2.22375.

Shan, C. Y, & Iskandar, Y. (2018). Studi Kandungan Kimia dan Aktivitas Farmakologi Tanaman Kunyit (Curcuma longa L.). Jurnal Farmaka, 16(2), 547–555.

Tantomi, I. (2022). Sulap Jamu Tradisional Jadi Kekinian, Nge-Jamu Sukses Kembangkan Bisnis. https://www.merdeka.com/gaya/sulap-jamu-tradisional-jadi-kekinian-nge-jamu-sukses-kembangkan-bisnis.html (Diakses pada tanggal 16 Januari 2023).

Theresia, P. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. //doi.org/http: //doi: 10.32812/jibeka.v11i2.45.

Zingare, M. L., Zingare, P. L., Dubay, A., & Ansari, A. (2013). A Review of The Antioxidant Antidiabetic and Hepatoprotective Potentials. International Journal of Pharmacy and Biological Sciences, 3(1), 203–213.




DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jtridharma.2023.003.01.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 TRI DHARMA MANDIRI: Diseminasi dan Hilirisasi Riset kepada Masyarakat (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)